UJI PENGARUH VARIASI KONSENTRASI PERENDAMAN LARUTAN ASAM JAWA TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA SOSIS

Debby Juliadi, Ni Wayan Yuliasih, Dewa Ayu Ika Pramitha, Ni Putu Dewi Agustini

Abstract


Sosis merupakan salah satu bahan pangan olahan yang berbahan dasar daging yang memiliki daya simpan yang relatif singkat. Sehingga dengan alasan tersebut banyak produsen yang menambahkan bahan pengawet pada produk hasil olahannya dan tidak menutup kemungkinan bahwa jenis bahan pengawet yang digunakan berupa formalin. Formalin merupakan Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang penggunaannya dilarang oleh pemerintah karena berbahaya bagi kesehatan. Kandungan asam dan saponin yang terdapat pada asam jawa kemungkinan dapat dimanfaatkan untuk proses pemutusan ikatan yang terjadi antara formalin dengan protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi perendaman larutan asam jawa terhadap penurunan kadar formalin pada sosis. Perendaman dengan larutan asam jawa dimaksudkan larutan asam jawa tersebut dapat menyerap kadar formalin yang terkandung dalam sosis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental secara kuantitatif. Perlakuan yang diberikan pada unit eksperimen adalah dengan perlakuan perendaman terhadap sosis berformalin dengan variasi konsentrasi larutan asam jawa yaitu 60%; 80%; dan 100% yang diuji secara kuantitatif menggunakan asam kromatrofat dan H2SO4 pekat dengan metode Spektrofotometri UV-Vis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan uji statistik inferensial parametrik one way Anova dengan Posthoct Test menggunakan Tukey HSD dan Bonferroni. Penurunan kadar formalin pada sosis setelah perendaman dengan larutan asam jawa pada konsentrasi 60%; 80%; dan 100% berturut-turut sebanyak 12,7%; 38,7%; dan 45,3%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh perendaman dengan variasi konsentrasi larutan asam jawa pada konsentrasi 80% (P=0,000) dan 100% (P=0,000) berdasarkan uji statistik inferensial parametrik one way Anova.

Keywords


asam jawa; asam kromatrofat; formalin; sosis; Spektrofotometri UV-Vis

Full Text:

PDF

References


Budiarti.A, Supriyanti, Siti Musinah, 2009, ?Pengaruh Perendaman Dalam Air Hangat Terhadap Kandungan Formalin Pada Mie Basah Dari Tiga Produsen Yang Dijual Di Pasar Johar Semarang?, Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi Klinik, 6(1):1-5

Cahyadi, W. 2012, Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan, Edisi II, Bumi Aksara, Jakarta. Indonesia.

Damayanti, E, Farid Ma?ruf, dan Ima Wijayanti, 2014.?Efektivitas Kunyit (Curcuma longa Linn.) Sebagai Pereduksi Formalin Pada Udang Putih (Penaeus merguiensis) Penyimpanan Suhu Dingin? Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan 3(1):98-107

Fessenden dan Fessenden. 2010. Dasar-Dasar Kimia Organik. Terjemahan oleh Sukmariah Maun, Karmianti Anas dan Tilda S. Sally. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fessenden dan Fessenden. 1982. Kimia Organik Edisi III Jilid 2. Terjemahan oleh Aloysius Handyana Pudjaatmaka, Erlangga, Jakarta. Indonesia.

Kementerian Kesehatan. 2012, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 033, tentang Bahan Tambahan Pangan, Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kiernan, John A. 2000. Formaldehyde, Formalin, Paraformaldehyde, and Glutaraldehyde: What They Are and What They Do. Microscopy Today 00-1: 8-12. (online), viewed 20 June 2017, .

Muntaha.A, Haitami, Nurul Hayati. 2015, ?Perbandingan Penurunan Kadar Formalin Pada Tahu Yang Direbus dan Direndam Air Panas?, Medical Laboratory Technology Journal, 1(2);84-90.

Perdana, R.K. 2012.?Aktivitas Analgetik Infusa Buah Asam Jawa (Tamarindus indica L.) Pada Mencit?, Naskah Publikasi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, viewed 21 June 2017, .

Purawisastra, S dan Sahara, E. 2011, ?Penyerapan Formalin Oleh Beberapa Jenis Bahan Makanan Serta Penghilangannya Melalui Perendaman Dalam Air Panas?, PGS, 34(1):70-72.

Riawan, S. 1990. Kima Organik. Edisi ke-1, Binarupa Aksara, Jakarta. Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


e-ISSN: 2356-4818

Powered by StatCounter

hit
counter

Lihat Detil Kunjungan