PENERIMAAN PASAR TERHADAP BODY BUTTER MASERAT BERAS MERAH (Oryza glaberrima Steud.)

Ni Made Dharma Shantini Suena, Alfiana Naili Syirvia, Ni Putu Udayana Antari

Abstract


Jatiluwih adalah salah satu desa di Kabupaten Tabanan yang komoditi utamanya adalah beras merah. Beberapa penelitian telah dilakukan sebelumnya terhadap beras merah dan salah satu hasil penelitian menunjukkan beras merah memiliki daya antioksidan. Untuk itu beras merah berpotensi dikembangkan menjadi produk yang mampu menaikkan nilai tambah dari beras merah itu sendiri khususnya di bidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan body butter maserat beras merah di pasaran dengan metode analisis deskriptif menggunakan kuesioner marketing research. Dilakukan uji penerimaan pasar terhadap sediaan body butter maserat beras merah kepada masyarakat di Kota Denpasar yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Penilaian yang diberikan responden terhadap faktor-faktor kualitas body butter meliputi warna, aroma, kekentalan, kemudahan saat digunakan, kenyamanan saat digunakan, kemampuan melembabkan kulit, dan kemampuan meresap ke dalam kulit. Untuk mengetahui penerimaan pasar terhadap kelayakan body butter maserat beras merah dilakukan pengolahan dan analisis data terhadap hasil yang diperoleh berdasarkan penilaian responden. Setelah dilakukan analisis data secara deskriptif diperoleh bahwa persentase penerimaan body butter maserat beras merah adalah 82.31% sehingga termasuk dalam kategori sangat diterima di pasaran.

Keywords


body butter maserat beras merah; penerimaan pasar; responden

Full Text:

PDF

References


Ansel, H.C, 1989, Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi, diterjemahkan oleh Farida Ibrahim, Asmanizar, Iis Aisyah, Edisi keempat, UI Press, Jakarta.

Dwiyanti, Gebi, Wiwi Siswaningsih dan Wulan Nur Aprilianti, 2013, ?Aktivitas Antioksidan Ekstrak Beras Merah dan Beras Hitam Komersial serta Produk Olahannya?. Seminar Nasional kimia dan Pendidikan Kimia V, Kontribusi Kimia dan Pendidikan Kimia dalam Pembangunan Bangsa yang Berkarakter, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, hal 626-630.

Lemeshow, 1997, Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Suardi K., Didi, 2005, Potensi Beras Merah Untuk Peingkatan Mutu Pangan, Jurnal Litbang Pertanian Bogor, 24(3):93-100

SUENA, N. M. D. S., ANTARI, N. P. U., & CAHYANINGSIH, E. (2017). Physical Quality Evaluation Of Body Butter Formulation From Etanol Extract Of Mangosteen (Garcinia Mangostana L.) Rind. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, 15(1), 63-69.

Susuwi, S, 2009, Penilaian Organoleptik, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Voigt, R., 1984, Buku Pelajaran Teknologi Farmasi, Diterjemahkan Oleh Soewandhi, S.N., Edisi V, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


e-ISSN: 2356-4818

Powered by StatCounter

hit
counter

Lihat Detil Kunjungan