GAMBARAN KUALITAS HIDUP PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 YANG MELAKUKAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM ARI CANTI PERIODE 2018

Fitria Megawati, I Putu Tangkas Suwantara

Abstract


Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar gula darah. Diabetes Mellitus adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan tetapi hanya dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh dengan pemberian obat-obatan maupun insulin. Penyakit yang diderita serta pengobatan yang berkepanjangan dapat mempengaruhi psikologis serta kesehatan sosial dan kesejahteraan hidup penderita. Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas hidup pada penderita Diabetes Mellitus (DM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas hidup penderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang melakukan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Ari Canti ditinjau dari dimensi penilaian kualitas hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan menggunakan instrument berupa kuisioner dengan 26 item pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas hidup penderita DM yang diperoleh dari WHO QoL-BREF. Dari penelitian yang telah dilakukan pada 100 responden, diperoleh hasil bahwa rata-rata dari responden merasa kualitas hidupnya baik serta meras keadaan kesehatannya sedang. Ditinjau dari dimensi kesehatan fisik, dimensi psikologis dan dimensi hubungan sosial rata-rata responden penderita DM yang melakukan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Ari Canti memiliki kualitas hidup yang sedang.


Keywords


diabetes mellitus tipe 2, kualitas hidup, WHOQoL-BREF

Full Text:

PDF

References


Andyani, T.M. 2013, Farmakoekonomi Prinsip dan Metodologi, Bursa Ilmu, Yogyakarta. Indonesia.

Departemen Kesehatan RI. 2005. Pharmaceutical Care Untuk Penyakit Diabetes Mellitus. Direktorat Jendral: Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik.

Interntional Diabetes Federation. 2015, IDF Diabetes Atlas, 7th Edition, Diakses pada 16 Januari 2018 .

Kurniawan, Y., Hana, R., dan Ida, M., 2008. Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Umum Cianjur, Vol. 10, No. VXIII, Halaman 86.

Lameshow, S., Hosmer Jr, D.W.,Klar, J., Lwanga, S.K. 1997, Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan Diterjemahkan oleh Dibyo Pramono, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Mabsusah. 2016. Kualitas Hdiup (Qualitu of Life) Pasien Diabetes Mellitus Di RSUD. DR. H. Slamet MArtodirjo Kabupaten Pamekasan Madura, Program Study Psikologi, Fakultas

Pskologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Melina, D.K., 2011. Peran Stresor Harian, optimesme dan Regulasi Diri terhadap Kualitas Hidup Individu dengan Diabetes Mellitus Tipe 2. PSKOLOISLAMIKA, Jurnal Psikologi Islam, Vol. 8, No1.

Notoatmodjo, S. 2007, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta. Indonesia.

Notoatmodjo, S. 2012, Metodelogi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi, Rineka Cipta,Jakarta. Indonesia.

Profil, 2018, Profil Rumah Sakit Umum Ari Canti Gianyar 2018 (online) .(http://rsaricanti.gianyar.go.id, diakses 28 Januari 2018).

Putri, S.T., Fitriana, L.A., Ningrum, A. dan Sulastri, A. 2015, Studi Komparatif : Kualitas Hidup Lansia Yang Tinggal Bersama Keluarga dan Panti, Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. 1(1):1-6.

Sepmawati, N.D. 2016, Evaluasi Ketepatan Terapi Pada Pasien Diaetes Mellitus Tipe 2 Di Instalasi Rawat Inap RS A Periode Janiari-Juni 2015, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siwiutami, F. 2017, Gambaran Kualitas Hidup Pada Penyadang Diabetes Mellitus di Wilayah Puskesmas Purwosari Srakarta, Universitas Muhammadiyah Sukarta.

The World Health Organization Quality of Life. 1997. WHOQoL-BREF. Questionnaire, University Of Washington.

World Health Organization, 1996. WHOQoL-BREF, Introduction Administration Scoring an Generic Version of The Assessment, Field Trial Version, diakses pada 16 Juli 2017 .

Yuli, W., Nursiswati, dan Anastasia, A. 2014, Kualitas Hidup Berdasarkan Karekaterisktik Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2, SM, Vol. 2, No.1.

Zainuddin, M., Utomo, W. dan Herlina. 2017, Hubungan Stres Dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2, JOM, Vol. 2, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


e-ISSN: 2356-4818

Powered by StatCounter

hit
counter

Lihat Detil Kunjungan