PEMERIKSAAN KUALITAS MUTU DAN CEMARAN MIKROBIOLOGI IKAN PINDANG LAYANG (Decapterus spp) di PASAR MAMBAL, BALI

I Gusti Putu Agus Ferry Sutrisna Putra, I K Putra Juliantara, Ni Luh Putu Ari Sukmayanti

Abstract


Ikan dan produk perikanan merupakan bahan pangan yang mudah rusak dan membusuk. Di Bali, ikan pindang merupakan salah satu makanan yang digemari dan mudah ditemukan di pasar. Masyarakat kalangan menengah kebawah umumnya lebih memilih pasar tradisional sebagai tempat untuk berbelanja. Salah satu pasar tradisional yang selalu ramai pembeli dan menyediakan ikan pindang di Bali adalah pasar Mambal. Pasar Mambal merupakan pasar yang terletak di Desa Mambal, Kabupaten Badung, Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya cemaran bakteriologis pada ikan pindang (Decapterus spp) di Pasar Mambal, Badung, Bali dengan desain penelitian one shot case study. Dari 30 sampel yang diperiksa diperoleh jumlah MPN Escherichia coli melebihi nilai standart kualitas ikan pindang dari SNI 01-2717-2009 (Tidak memenuhi syarat). Jumlah MPN Escherichia coli ikan pindang di bawah nilai standart maximum yang di ijinkan oleh SNI 01-2717-2009 yaitu < 3 APM/gram Ikan Pindang (memenuhi syarat). Pada pemeriksaan Angka Lempeng Total juga ada didapat hasil yang melebihi batas maksimal yang ditentukan pada SNI 01-2717-2009 dimana batas maksimal yang diperbolehkan yaitu 5 x 105 CFU per gram bahan. Ikan pindang yang diperiksa memiliki kualitas yang tidak baik dan tidak memenuhi syarat sesuai SNI 01-2717-2009 yang menyatakan bahwa jumlah bakteri Escherichia coli dalam ikan pindang adalah < 3 APM per gram bahan dan jumlah maksimal ALT ikan pindang adalah 5 x 105 CFU per gram. Ikan pindang yang diperiksa kulitas mutunya (Rasa, Rupa, bau, Warna, dan Tekstur) memiliki kualitas yang tidak baik.

Keywords


angka lempeng total; Escherichia coli; ikan pindang; MPN

Full Text:

PDF

References


Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., 2008. Pengujian Mikrobiologi Pangan. Jakarta.

Darmanto Y.S., 2001. Pengetahuan manajemen mutu dan teknis pengolahan hasil perikanan. Fakultas perikanan kelautan. UNDIP. Semarang.

Irianto, K., 2013. Mikrobiologi Medis (Medical Microbiology). Alfabeta, Bandung.

Radjie, M., 2009. Buku Ajar Mikrobiologi Panduan Mahasiswa Farmasi & Kedokteran. EGC, Jakarta.

Santoso, H.B., 2006. Teknologi Tepat Guna : Ikan Pindang. Kanisius. Yogyakarta.

SNI., 2009. Standar Nasional Indonesia 01-2717-2009 Tentang Ikan Pindang.

Suwamba, I Dewa Ketut., 2008. Proses pemindangan Dengan Mempergunakan Garam dengan Konsentrasi yang berbeda. http://www.smp-saraswatidps.sch.id/artikel/3. Diakses 4 Februari 2014.

Winarni, T., Swastawati, F., Darmanto, Y. S., dan Dewi, E. N., 2003. Uji Mutu Terpadu pada Beberapa Spesies Ikan dan Produk Perikanan Di Indonesia. Laporan Akhir Hibah Bersaing XI Perguruan Tinggi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Wirakusumah, E.P., 2010. Sehat Cara Al-Qur?an dan Hadis. Hikmah, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2356-4818

Powered by StatCounter

hit
counter

Lihat Detil Kunjungan