TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI APOTEK KIMIA FARMA 286 PADANG ASRI

I Nyoman Gede Tri Sutrisna, Kadek Duwi Cahyadi

Abstract


Pelayanan kesehatan yang baik dapat meningkatkan kualitas kesehatan individu. Kesehatan merupakan bagian yang penting guna meningkatkan kualitas hidup dari masing-masing individu. Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu bagian dari pelayanan kesehatan. Apotek merupakan salah satu sarana atau tempat pelayanan kefarmasian khususnya pelayanan resep. Apotek Kimia Farma sendiri merupakan apotek yang sudah dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Bali dengan pelayanan yang ramah, sikap yang baik, kejelasan, dan ketepatan pemberian informasi yang lengkap, kecepatan dan ketelitian dalam pelayanan. Penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Apotek kimia Farma 286 Padang Asri merupakan penelitian deskriptif menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 50 responden yang melakukan pengambilan obat dengan resep di apotek tersebut. Penilaian didasarkan pada 5 (lima) dimensi yaitu dimensi responsiveness (ketanggapan pelayanan), dimensi reliability (keandalan pelayanan), dimensi assurance (keyakinan/jaminan), dimensi empathy (perhatian untuk memahami kebutuhan pelanggan) dan dimensi tangible (sarana fisik, perlengkapan dan pegawai). Dari hasil perhitungan dan analisa data yang diperoleh skor rata-rata pada setiap indikator sebagai berikut indikator responsiveness dengan skor rata-rata 3,14 dengan klasifikasi puas, indikator reliability dengan skor rata-rata 3,13 dengan klasifikasi puas, indikator assurance dengan skor rata-rata 3,28 dengan klasifkasi sangat puas, indikator empathy dengan skor rata-rata 3,17 dengan klasifikasi puas, indikator tangible dengan skor rata-rata 3,19 dengan klasifikasi puas. Secara keseluruhan diperoleh skor rata-rata 3,18 dengan klasifikasi konsumen puas dengan pelayanan kefarmasian di apotek kimia farma 286 padang asri.

Keywords


Kepuasan, Pelayanan, Resep, Konsumen, Kuisioner

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2004. Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1027/Menkes/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia (Harianto, 2005

Ingerani, dkk. 2002. Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Kesehatan di Propinsi DKI Jakarta. Jakarta: Badan Litbangkes.

Kementerian Kesehatan, 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonsesia No. 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta

Kotler, P. 2000.Marketing Management: Edisi Milenium. New Jersey: Prentice Hall. International, Inc.

Rangkuti. 2006. Measuring Customer Satisfaction, (Teknik Mengukur dan Strategy Meningkatkan Kepuasan Pelanggan), serta Analisis PLN JP. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riwidikdo, H. 2012. Statistik Kesehatan. Yogyakarta. Mitra Cendikia Press. hal. 104.

Sunyoto, 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta. CAPS

Zainuddin M. 2011. Metodologi Penelitian Kefarmasian dan Kesehatan. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2356-4818

Powered by StatCounter

hit
counter

Lihat Detil Kunjungan